DPRD Tuban Sediakan Fitur “Suara Rakyat” untuk Tampung Aspirasi
- calendar_month Kamis, 11 Sep 2025
Sekretaris DPRD Tuban Ditemui Wartawan di Ruang Kerjanya
HALO TUBAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban terus berupaya mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi. Salah satunya melalui website resmi https://dprd-tuban.go.id yang memiliki fitur khusus bernama “Suara Rakyat”.
Sekretaris DPRD Tuban, Sri Hidajati menjelaskan bahwa fitur tersebut telah tersedia sejak 2017 dan resmi diluncurkan pada 2018. Melalui fitur ini, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara online tanpa harus datang langsung ke kantor dewan.
“Fitur itu sebagai fasilitas masyarakat untuk bisa menyampaikan aspirasinya kepada DPRD Tuban,” ujarnya, Kamis (11/9/2025).
Menurut perempuan yang akrab disapa Cicik ini, kehadiran fitur berbasis digital tersebut dilatarbelakangi oleh semakin akrabnya masyarakat dengan teknologi informasi.
“DPRD ingin memberikan wadah yang lebih mudah diakses, terutama bagi mereka yang merasa sungkan atau malu menyampaikan aspirasi secara langsung,” tuturnya.
Proses penyampaian aspirasi melalui “Suara Rakyat” pun cukup sederhana. Masyarakat hanya perlu mencantumkan nama, email, nomor telepon, pesan, serta file atau suara yang bisa dipertanggungjawabkan. Selanjutnya, aspirasi tersebut akan diteruskan kepada komisi terkait untuk ditindaklanjuti.
“Aspirasi yang masuk akan kita validasi dulu. Yang bersifat aduan atau kejadian yang bisa dipertanggungjawabkan, pasti ditindaklanjuti sesuai bidang komisi,” jelasnya.
Meski demikian, Cicik mengakui penggunaan fitur ini masih belum optimal. Sebagian besar masyarakat lebih memilih cara konvensional, seperti bersurat langsung ke DPRD atau menyampaikan aspirasi ketika anggota dewan melakukan reses/jaring aspirasi di daerah pemilihan masing-masing.
Dari catatan DPRD Tuban, pada tahun 2025 ini sudah ada 12 aduan yang masuk melalui “Suara Rakyat”. Aduan tersebut bervariasi, mulai dari pertanyaan yang membutuhkan jawaban, masukan, hingga aduan yang berlanjut dengan hearing. Seluruhnya, kata Cicik, telah ditindaklanjuti baik melalui jawaban tertulis maupun rapat kerja anggota dewan.
“Harapannya melalui pemberitaan ini, banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan fitur Suara Rakyat sebagai wadah aspirasi berbasis online. Dan kami pastikan, semua aspirasi yang masuk akan ditindaklanjuti sesuai bidang tugas komisi DPRD Tuban,” pungkasnya.
- Penulis: Ibnul Qoiyim
Saat ini belum ada komentar